Saturday, June 22, 2019

Mengenal Manajemen Aset

Mempelajari manajemen aset berarti mempelajari semua hal tentang pengelolaan kekayaan seseorang maupun lembaga. Sebelum mempelajari lebih lanjut ada baiknya mengetahui pengertiannya terlebih dahulu.

Pengertian Manajemen

Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasianm pengarahan, dan pengawasan atas upaya-upaya para anggota organisasi dan atas penggunaaan semua sumber daya organisasi yang tersedia untuk mencapai tujuan organisasi. (Marwansyah, 2009:1)
Menurut George R.Terry (dalam Sugiama, 2013) "management is a distinct process consisting of planning, organizing, actuating, and controlling, utilizing in each both science and art, and followed in order to accomplish predetermined objective." Artinya, manajemen adalah proses yang berbeda yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian, pemanfaatan di setiap ilmu pengetahuan dan seni, dan diikuti dalam rangka untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan 

Pengertian Aset

Menurut Dr. A. Gima Sugiama (Sugiama, 2013:15) Aset menurut sudut pandang ekonomi adalah barang (thing) atau sesuatu barang (anything) dimiliki oleh seseorang, sebuah organisasi baik swasta maupun pemerintah yang memiliki:
1.  nilai ekonomi (economic value)
2.  nilai komersial (commercial value)
3.  nilai tukar (exchange value).
Pengertian Manajemen Aset menurut beberapa ahli: 
Menurut Dr. A. Gima Sugiama 
Manajemen aset adalah ilmu dan seni untuk memandu pengelolaan kekayaan yang mencakup proses perencanaan kebutuhan aset, mendapatkan, menginventarisasi, melakukan legal audit, menilai, mengoperasikan, memelihara, membaharukan atau menghapuskan hingga mengalihkan aset secara efektif dan efisien. (Sugiama, 2013:15).Menurut Dolli D. Siregar
Manajemen aset adalah suatu profesi atau keahlian yang belum sepenuhnya berkembang atau populer di lingkungan pemerintahan maupun di satuan kerja atau instansi. (Siregar, 2004).

Daftar Pustaka:

Marwansyah. (2009). Pengantar Manajemen. Jurusan AdministrasiNiaga Politeknik Negeri Bandung. Bandung.
Siregar, Doli D. (2004). Manajemen Aset: Strategi Penataan Konsep Pembangunan Berkelanjutan secara Nasional. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Sugiama, A Gima. (2013). Manajemen Aset Pariwisata: Pelayanan Berkualitas agar Wisatawan Puas dan Loyal. Guardaya Intimarta. Bandung.

No comments:

Post a Comment